📝 Lembar Kerja Siswa (LKS) — Coding Lanjutan
Aku Bisa Buat Game, Kalkulator & Chatbot!
🔁 LKS 1: Loop dengan FOR — Ulangi Perintah!
🎯 Tujuan: Kamu bisa mengulang perintah tanpa menulis ulang!
🔍 Soal A: Perhatikan kode berikut:
for i in range(4):
print("Saya suka belajar coding!")
- Berapa kali kalimat itu muncul? kali
- Apa arti
range(4)? - Jika ganti jadi
range(7), berapa kali muncul?
kali
💡 Soal B: Tulis kode agar komputer menampilkan:
"Aku hebat!" sebanyak 6 kali.
"Aku hebat!" sebanyak 6 kali.
👩🏫 Soal C: Guru ingin kamu tulis 10 kali “Saya harus rajin belajar!”
Tulis kode yang benar:
Tulis kode yang benar:
🎮 LKS 2: Game Tebak Angka — Siapa yang Paling Jitu?
🎯 Tujuan: Kamu paham cara kerja game tebak angka!
🔍 Soal A: Isi tabel berikut!
| Bagian Kode | Fungsinya |
|---|---|
random.randint(1, 100) | |
while tebakan != angka_rahasia: | |
jumlah_tebakan += 1 | |
if tebakan > angka_rahasia: | |
print(f"🎉 SELAMAT...") |
💡 Soal B: Jika kamu ingin ubah jadi 1–50, bagian mana yang diubah?
Jawab:
Jawab:
🎯 Soal C: Kamu main game ini dan tebak:
- Tebakan 1: 70 → “Terlalu besar!”
- Tebakan 2: 30 → “Terlalu kecil!”
- Tebakan 3: 50 → “BENAR!”
Berapa kali kamu nebak? kali
- Tebakan 1: 70 → “Terlalu besar!”
- Tebakan 2: 30 → “Terlalu kecil!”
- Tebakan 3: 50 → “BENAR!”
Berapa kali kamu nebak? kali
🧮 LKS 3: Kalkulator Sederhana — Hitung Cepat!
🎯 Tujuan: Kamu paham cara membuat kalkulator dengan if-elif!
🔍 Soal A: Jawab pertanyaan berikut!
| Pertanyaan | Jawaban |
|---|---|
1. Mengapa pakai float()? | |
2. Apa fungsi if-elif-else di sini? | |
3. Kenapa ada if angka2 != 0:? | |
4. Apa yang terjadi jika user ketik ? sebagai operasi? |
💡 Soal B: Angka 1: 8
Angka 2: 4
Operasi: /
Apa hasilnya?
Angka 2: 4
Operasi: /
Apa hasilnya?
👩🏫 Soal C: Buat kalkulator hanya untuk tambah dan kali!
Tulis kode kamu:
Tulis kode kamu:
🤖 LKS 4: Chatbot Lucu — Ngobrol Pakai Kode!
🎯 Tujuan: Kamu paham cara chatbot menjawab berdasarkan kata kunci!
🔍 Soal A: Jawab pertanyaan berikut!
| Pertanyaan | Jawaban |
|---|---|
1. Apa arti .lower()? | |
2. Apa maksud while True:? | |
3. Apa fungsi break? | |
4. Kenapa pakai in pesan (bukan == pesan)? |
💡 Soal B: Tes chatbot! Isi tabel berikut:
| Kamu Mengetik | Chatbot Jawab |
|---|---|
| Hai! | |
| Siapa kamu? | |
| Terima kasih |
👩🏫 Soal C: Tambahkan satu jawaban baru:
Jika kamu ketik “lagu”, chatbot jawab: “Aku suka lagu dangdut! 🎵”
Tulis baris kode yang kamu tambahkan:
Jika kamu ketik “lagu”, chatbot jawab: “Aku suka lagu dangdut! 🎵”
Tulis baris kode yang kamu tambahkan:
🔄 LKS 5: While vs For — Bedanya Apa?
🎯 Tujuan: Kamu bisa memilih loop yang tepat!
🔍 Soal A: Cocokkan kondisi dengan jenis loop!
| Kondisi | Gunakan Loop |
|---|---|
| Aku mau cetak “Aku hebat!” 5 kali | for while |
| Aku mau minta password sampai benar | for while |
| Aku mau hitung mundur dari 10 sampai 1 | for while |
| Aku mau minta jawaban “ya” sampai benar | for while |
💡 Soal B: Tulis contoh kode untuk setiap loop!
| Jenis Loop | Contoh Kode |
|---|---|
| for | |
| while |
👩🏫 Soal C: Kamu bilang: “Aku akan ulang soal ini sampai aku bisa!”
Loop mana yang cocok?
Mengapa?
Loop mana yang cocok?
Mengapa?
✨ LKS 6: Refleksi Belajar — Aku Telah Belajar...
🎯 Tujuan: Refleksikan apa yang kamu pelajari hari ini!
- Program mana yang paling kamu sukai?
(Game, Kalkulator, Chatbot, atau Loop?)
- Apa hal baru yang kamu pelajari hari ini?
(Contoh:while,.lower(),float())
- Jika kamu bisa tambah fitur ke chatbot, fitur apa yang ingin kamu buat?
(Misal: cerita lucu, ramalan, joke)
- Apakah kamu merasa kamu bisa membuat program sendiri sekarang?
☐ Ya, sangat yakin!
☐ Ya, tapi butuh bantuan
☐ Belum, masih bingung - Apa yang kamu ingin pelajari selanjutnya?

Komentar
Posting Komentar